5 Cara Mudah Hack Password

Sebagian dari kamu mungkin berpikir ancaman keamanan komputer berhubungan dengan program berbahaya yang mencuri data dan mengambil alih komputer kamu. Pada kenyataannya, ancaman keamanan lebih sering terjadi karena password yang di-hack.
Saat seseorang berhasil mendapatkan password salah satu akun online kamu, maka akun kamu dapat disalahgunakan oleh orang tersebut. Terdapat beberapa cara mudah untuk mengetahui password seseorang dan penting bagi kamu untuk mengetahuinya agar kamu mengerti cara melindungi password akun online kamu.

Setiap hacker yang berusaha menjebol password akan mencoba menggunakan password standard yang paling umum. Kenyataannya, masih terdapat cukup banyak orang yang menggunakan password standard yang umum digunakan, seperti beberapa angka berurutan. Sebagian orang bahkan menggunakan “password” sebagai password akun mereka.



Para hacker di luar sana mengetahui hal ini dan mereka akan mencoba memasukkan password standard sebagai usaha pertama ketika menjebol password seseorang.
Cara melindungi password :
Mudah. Jangan gunakan password standard seperti angka berurutan atau bahkan kata umum yang mudah ditebak seperti “superman” atau “dragon” yang merupakan beberapa contoh kata umum yang sering digunakan. Hindari menggunakan kata – kata umum sebagai password kamu.

Social Engineering
Jika metode diatas tidak berhasil, hacker kemudian mencari tahu password dengan menelusuri social media kamu. Para hacker mengetahui apabila seseorang tidak menggunakan password standard, maka masih ada kemungkinan kamu menggunakan password yang berhubungan dengan informasi pribadi, misalnya nama binatang peliharaan atau acara TV kesukaan kamu. Informasi semacam ini umumnya terpampang di profil Facebook atau Twitter kamu.
Apabila strategi ini tidak berhasil, informasi tersebut kemudian digunakan untuk menjalankan Serangan Phishing. Misalnya kamu mencantumkan bahwa kamu bermain game online, sebuah email scam akan dikirimkan ke email kamu, meminta keterangan mengenai password atau menyertakan sebuah link dimana kamu diminta untuk memasukkan data-data termasuk password kamu ke dalamnya.

Cara melindungi password :
Langkah pertama adalah dengan memanfaatkan fungsi private pada social media kamu sehingga orang yang tidak kamu kenal tidak dapat mengakses informasi kamu. Langkah kedua adalah hindari menggunakan salah satu informasi pribadi kamu sebagai password.


Menembus Website ‘Lemah’
Apabila hacker masih gagal menjebol password kamu dengan cara – cara mudah diatas, maka skill sesungguhnya akan digunakan. Sebagian besar pengguna internet dan mungkin saja kamu adalah salah satunya, menggunakan password yang sama untuk semua akun online. Hacker mengetahui hal ini dan tentu saja, sebagai hacker mereka mengetahui website mana yang memiliki tingkat keamanan rendah.
Dengan menggunakan informasi yang didapatkan dari profil social media kamu, hacker dapat mengetahui website apa yang mungkin kamu kunjungi. Beberapa dari website ini bisa jadi memiliki sistem keamanan yang lemah sehingga hacker menembuh celah ini menggunakan kemampuan khusus mereka untuk mencuri password kamu.

Cara melindungi password :
Jangan menggunakan password yang sama untuk semua akun online kamu. Menggunakan password yang berbeda untuk setiap akun atau website yang kamu kunjungi mungkin terdengar rumit, yah? Pilihan lain untuk menghindari jebolnya password kamu kali ini adalah dengan menggunakan password yang sama untuk website dengan sistem keamanan rendah atau tidak terlalu penting, seperti blog yang kamu kunjungi dan komentari, kemudian gunakan password yang unik dan berbeda untuk akun penting kamu seperti Facebook, bank online dll.

Wi-Fi Sniffing
Open wireless network merupakan tempat yang cukup berbahaya karena kurangnya pengamanan yang diberikan. Informasi yang dikirimkan menggunakan jaringan ini dapat dengan mudah diperoleh oleh orang yang berada dalam jangkauan transmisi tersebut.

Wi-Fi sniffing dapat dioperasikan oleh orang secara manual atau otomatis. Jika kamu menjadi target seorang hacker, maka bisa jadi kegiatan kamu diamati. Misalnya saja apabila kamu sering mengunjungi suatu café tertentu pada waktu tertentu yang menyediakan open Wi-Fi, maka hacker akan siaga mengambil informasi yang diinginkan. Seorang hacker juga bisa menyiapkan sebuah sniffer di lokasi tertentu dan menyedot setiap informasi dan data yang dikirimkan melalui jaringan tersebut.
Cara melindungi password :
Jangan menggunakan fasilitas open Wi-Fi. Namun jika kamu memang ingin menggunakannya, hindari login ke akun online penting kamu untuk menghindari terjadinya pencurian password. Kamu bisa browsing, nonton YouTube tanpa harus login ke dalam akun apapun. Pilihan lain adalah dengan menggunakan HTTPS jika memungkinkan.

Keylogger
Sama seperti Wi-Fi sniffing, keylogger dapat digunakan secara manual atau otomatis tanpa memerlukan orang yang mengoperasikannya. Dengan menggunakan informasi mengenai kamu, hacker mungkin mengirimkan sebuah file yang bisa jadi berisi keylogger. Setelah diinstall, keylogger tersebut akan dapat mendeteksi password yang kamu gunakan.

Keylogger juga bisa disertakan dalam malware untuk hack password. Serangan hacker massal seperti ini biasanya tidak terfokus pada satu orang sebagai target, namun cukup membahayakan bukan?
Cara melindungi password :
Software keamanan dapat membantu kamu mendeteksi keylogger dan mencegahnya terinstall ke dalam komputer.

Kesimpulan
Kewaspadaan selalu merupakan hal terpenting dalam menjaga keamanan password kamu. Apakah kamu memiliki tips cara melindungi password lainnya?

Ref : Dari berbagai sumber

Share to

Facebook Google+ Twitter Digg

1 comments:

Rizal Alhariz said...

Gan Dimana Download Keyloggernya